Inilah 5 Tahapan Menuju Pelaminan, yang Mau Menikah Wajib Tahu
Loading...

Inilah 5 Tahapan Menuju Pelaminan, yang Mau Menikah Wajib Tahu

Apakah kamu sudah menikah? Kalau belum, apakah pernah terlintas bagaimana proses birokrasi mengurus pernikahan yang benar?

Pengen ena-ena yang halal ‘kan? Nah, kalau kamu pengen ena-ena tapi yang halal mau ngasih tahu nih tahapan birokrasi pernikahan di Indonesia, ya sudah yuk langsung aja simak!

Sebelum kamu mulai melangkah ke tahap berikut ini, kamu harus tentukan dulu calonnya. Nggak ada calon ya nggak ada pernikahan~
1. Hal pertama yang kamu lakukan adalah lapor ke ketua RT setempat

hipwee-20140901_145142-1
Contoh surat belum pernah menikah via
Ya, kamu harus lapor dulu ke ketua RT di tempat kamu tinggal. Di sana kamu harus memberitahukan kapan waktu menikah. Setelah itu, kamu akan mendapatkan surat pengantar dari ketua RT untuk melaporkan ke kelurahan.

Ketua RT akan memberikanmu berkas yang tentunya harus kamu lengkapi, yaitu “Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah” dan di tandatangan di atas materai 6 ribu. Formulir tersebut berisi pernyataan bahwa calon mempelai pria/wanita masih berstatuskan single dan belum pernah menikah sebelumnya.
Nah, untuk mendapatkan berkas di atas tentu ada syaratnya, berikut syarat yang harus kamu bawa
Syarat-syaratnya:
– 1 Fotocopy KTP kamu
– 1 Fotocopy Kartu Keluarga kamu
– 1 Fotocopy KTP & Kartu Keluarga kedua orang tua kita
– Materai Rp.6.000,- untuk di cantumkan pada surat pernyataan belum pernah menikah yang diberikan RT
Tapi, kalau kamu udah pernah menikah sebelumnya, ya isi aja sejujurnya. Jangan bohong~
2. Setelah itu, kamu harus ke kantor kelurahan setempat. Minta surat pengantar dari mereka

Sebelum kamu ke kantor kelurahan, kamu harus ke kantor RW dulu. Untuk mendapatkan surat pengantar dari RW, dan ingat, jangan lupa minta cap dan tanda tangan pengurus RW. Cap dari RW itu sangat penting. Nanti bakalan diurus sama petugasnya kok.
Setelah mendapatkan surat keterangan RT dan RW, kamu harus melanjutkan perjalananmu ke kantor kelurahan. Jangan lupa, dari kelurahan kamu harus membawa syarat-syarat berikut ini, syaratnya hampir sama kayak langkah pertama tapi ada sedikit tambahan :
– Fotocopy KTP kamu
– Fotocopy Kartu Keluarga
– Surat pengantar RT dan RW
– Bawa pas foto berbagai macam ukuran ( 2×3, 3×4, 4×6 ). Karena pasti bakal di minta banyak
– Bawa Fotocopy KTP & KK Orangtua
Begitu sampai di kantor kelurahan, kamu segera minta surat pengantar dari kelurahan. Tunjukkan semua persyaratan yang udah kamu bawa. Nah, di kantor kelurahan kamu akan mendapatkan surat-surat:
Surat pengantar dari kelurahan ini ada 3 yaitu N1, N2 dan N4.
surat N1 ini berisi surat keterangan untuk nikah
surat N2 ini berisi surat keterangan asal-usul
surat N4 ini berisi surat keterangan tentang orang tua.

Wajib kamu isi ya.
3. Tugas kamu hampir selesai, begitu sudah mendapatkan surat keterangan RT, RW dan Kelurahan kamu harus daftar ke KUA.

ebelum kamu mendaftar ke KUA kecamatan di tempat calon istri, kamu harus minta surat rekomendasi dulu ke KUA kecamatan di akad nikah akan diadakan. Supaya mereka nggak kecolongan ternyata ada yang menikah. Nah, surat rekomendasi pindah nikah ini penting untuk melengkapi persyaratan lainnya. Ingat ya, surat ini berguna untuk mereka yang punya calon beda wilayah saja
Kecuali kalau kamu 1 daerah dan 1 wilayah sama calon pengantin. Surat pengantar ini nggak diperlukan
Begitu sampai KUA di wilayah yang mau menggelar acara pernikahan, kamu harus daftar menikah. Iya, daftar. Nikah mesti daftar lho. Nah, syarat-syarat yang harus kamu bawa ke KUA ini lho :
– Surat rekomendasi pindah nikah dari KUA asal
– Fotocopy KTP calon pengantin wanita+calon pengantin pria
– Fotocopy KK calon pengantin wanita+calon pengantin pria
– Foto berwarna 2 3 & 3 4 bawa aja masing-masing 4 lembar
– Fotocopy ijazah terakhir calon pengantin wanita+calon pengantin pria
– Fotocopy Akta lahir calon pengantin wanita+calon pengantin pria
Jika pernikahan dilakukan di KUA (Kecamatan), maka calon pengantin tidak dikenakan biaya alias gratis. Sumber : www.kemenag.go.id
Jika perikahan dilakukan di luar KUA (Kecamatan), maka calon pengantin mendatangi Bank Persepsi yang ada di wilayah KUA tempat menikah untuk membayar biaya nikah sebesar Rp. 600.000,- lalu menyerahkan SLIP SETORANNYAke KUA tempat akad nikah.
Nah, hipwee mau ngasih tahu nih, aturan Aturan menikah sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah. Terdapat di Peraturan Pemerintah No 48 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2004 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Departemen Agama. Jadi, kalau mau nikah di KUA dimintai duit, sodorin saja peraturan itu ke petugasnya. Nikah tanpa biaya alias gratis di KUA pun ada. Asal mengikuti persyaratannya.
Sebenarnya, nikah itu gampang dan nggak ribet. Yang ribet itu gengsinya.
Nah, setelah kamu mendaftar ke KUA, tugas kamu sama pemerintah udah kelar. Saatnya kamu mulai mengkonsepkan acara pernikahanmu. Dari sewa gedung, sewa katering dll. Nah, hal yang itu sih simpel, yang penting birokrasi sama pemerintahnya udah selesai. Ya ‘kan?

===========================================

If you are actually flying from New York, United States to Vancouver, Canada or if you are just curious to know the flight time between New York and Vancouver, this page will give you the information you are looking for. New YorkVancouver Flight time from New York to Vancouver is 6 hours Non-Stop flight duration from JFK to YVR is 6 hours (Operated by Cathay Pacific) How long does it take to fly from New York to Vancouver? Non-stop flight time from New York to Vancouver is around 6 hours 15 minutes. This is the average non-stop flight time from any of the two airports in New York to Vancouver. The nearest airport to New York, is John F Kennedy International Airport (JFK) and the nearest airport to Vancouver, is Boundary Bay Airport (YDT) Find flights from New York to cities and airports near Vancouver Distance from New York to Vancouver is approximately 3920 kilometers. Flights from New York to Vancouver • Airlines & Flight Duration Flights operated by major airlines departing from New York arrive at Boundary Bay Airport, which is a medium size airport serving Vancouver. Cathay Pacific Cathay Pacific JFK ➝ YVR 6 hrs Non-Stop Flight time from New York, United States to airports near Vancouver, Canada Direct flight and one stop flight time from John F Kennedy International Airport, New York to airports nearest to Vancouver is given in the table below Journey Destination Airports Duration Stops JFK - YYJ Victoria, Victoria International Airport 8 hrs 27 mins 1 Stop JFK - YVR Richmond, Vancouver International Airport 6 hrs Non-Stop New York time is 3 hours ahead of Vancouver Current time in New York, United States : Sun, 29 May, 2016, 04:41 AM, New York Timezone: EDT (-04:00) Current time in Vancouver, Canada :, Sun, 29 May, 2016, 01:41 AM -07:00, Vancouver Timezone: PDT (-07:00) JFK to YDT Flight - New York Airport to Vancouver Airport Flight Route Map Location of New York Airport & Vancouver Airport is given below. Click the map to view New York to Vancouver flight path and travel direction. LOAD MAP Find flying time from John F Kennedy International Airport or New York or any other airport or city in United States to various other destinations around the world using this flight time calculator. A list of major Cities/Airports around the world is given below. Click on any of the airport names given below to find the flight distance from New York to those airports. Mumbai, Chhatrapati Shivaji International Airport Los Angeles, Los Angeles International Airport Amsterdam, Amsterdam-Schiphol Airport Kuala Lumpur, Kuala Lumpur International Airport Beijing, Beijing Capital International Airport Birmingham, Birmingham International Airport Denver, Denver International Airport Jakarta, Soekarno-Hatta International Airport Moscow, Sheremetyevo Airport Buenos Aires, Ezeiza Ministro Pistarini Airport Find flight time from John F Kennedy International Airport or New York or any other airport or city in United States to various other destinations around the world using this flight time calculator.

===========================================